Target Market Fotografer

Siapa Sebenarnya Target Market Kita...

Dalam melakukan penjualan kita sebagai seorang fotografer harus tau siapa saja yang akan menjadi target market kita dalam menjalankan bisnis pernikahan.

Ada 3  tingkatan market yakni : Level Bawah, Level Menengah dan Level Atas.

Di setiap level memiliki keruminatan yang berbeda beda tergantung kita mau berada di level yang mana. Ada beberapa fotografer yang memulai bisnisnya dari level bawah kemudian naik kelas ke level menengah dan kemudian naik ke level atas. Namun ada juga fotografer yang sudah menyatakan dirinya hanya main di level atas, banyak contoh yang bisa kita petik di level atas ini salah satunya ada salah satu studio yang harga weddingnya hingga 200 juta dan itu pun harus mengantri untuk sesi fotonya.

Kita harus menentukan target market yang spesifik agar mempermudah kita menentukan value/nilai produk foto yang tepat untuk mereka. Kita bisa fokus membuat produk foto yang memang bermanfaat besar untuk target market tersebut.

Namun tidak sampai situ saja terkadang kita hanya menentukan target market di awal saja, tapi jarang kita mengevaluasi. Padahal belum tentu target market kita langsung tepat sasaran.

Terkadang kita membuat produk foto yang sangat bagus, tapi tidak laku bahkan sampai berbulan bulan belum ada transaksi, ini biasanya karena target market kita salah. Ada juga kasus dimana sebenarnya produknya tidak benar-benar berkualitas tinggi, tapi memiliki target market yang tepat, sehingga masih banyak orang yang mau membeli. Ini menunjukkan betapa pentingnya memilih target market.

Dimanapun level market kita sekarang di nikmati saja prosesnya dan tetap konsisten karena suatu waktu level anda akan naik  dengan  konsistensi anda menjadi seorang fotografer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *