Lika Liku Menjadi Fotografer Pernikahan

Menjadi seorang fotografer pernikahan harus melalui tahapan yang panjang, tidak  semua fotografer bisa bertahan lama dengan menjadu fotografer kawinan.. hanya fotografer yang memiliki passion yang dapat konsisten pada bidang ini. Memang segala profesi membutuhkan passion namun menjadi fotografer pernikahan harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi.

Terkadang banyaknya kemauan dan keinginan claint harus kita turuti walau tidak sesuai dengan hati nurani kita, bahkan banyaknya claint yang ingin meminta diskon besar pada kita yang mau tidak mau kita pun harus memutar otak agar biaya produksi bias tertutup.

Awal menjadi fotografer pernikahan kita rasakan hanya makan tahu dan tempe di setiap harinya tuk membangun branding kita karena harus membuang budget extra dan waktu tambahan untuk membangin sebuah brand agar banyak dikenal orang, namun setelah terbangun bisnis pernikahan justru kita malah kebanjiran job wedding sampai kita harus membayar freelance fotografer tuk mengcover orderan job wedding kita.

Mungkin bagi para fotografer baru belum merasakan suka dan duka menjadi seorang fotografer pernikahan yang pada kenyataanya menjadi seorang fotografer pernikahan tidak lah mudah seperti orang bayangkan selama ini. Kita harus bangun dari tidur lebih awal untuk mengambil foto make up cleint dan pulang pun harus menungu sampai acara selesai. Tapi tidak sampai di situ saja, setibanya dirumah kita harus berfikir keras lagi untuk mengedit album dan videonya agar sesuai dengan harapan dan keinginan cleint kita. Proses yang panjang untuk hasil yang maksimal harus ditempuh untuk seorang fotografer wedding.

Belum lagi kita dihadapkan dengan para fotografer yang nakal dengan membanting harga foto pernikahan, disinilah di butuhkan ekstra kesabaran dalam menghadapi persangian di luaran sana. Walau pun diluaran sana banyak sekali harga foto pernikahan lebih murah dengan paket paket yang sudah saya buat, saya tidak pernah membanting harga saya karena ini akan merusak brand saya yang sudah saya buat selama ini. Saya berfikir kalau ada cleint yang tidak mau paket saya Karen masalah harga saya Cuma berfikir kalau claint ini adalah bukan sekmen market saya, buat apa saya harus memaksakan dengan memberikan diskon besar kalau memang mareka bukan tager market yang saya cari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *