Strategi Pemasaran Bisnis Fotografi

Mulailah dari langkah terkecil

Tidaklah semudah membalikan telapak tangan dalam memilih bisnis yang akan kita lakukan. Dalam menentukan bisnis yang kita kelola memang membutuhkan sebuah proses. Pada awalnya kita selalu membayangkan sebuah keuntungan yang besar dalam menjalankan sebuah bisnis namun pada kenyataan selalu terbalik. Pada akhirnya kita akan malas melanjutkan bisnis yang kita kelola ini.

 

Beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam menentukan bisnis yang akan kita kelola :

  1. Luangkanlah waktu extra untuk memilih bisnis apa yang akan kita kelola. Coba lah cari beberapa literature atau artikel dari berbagai sumber unutk merefrensikan bisnis yang akan kita kelola.
  2. Mulailah dengan apa yang kita sukai, banyak dari beberapa fotografer sukses memulai bisnisnya berdasarkan hobi atau minat dalam menjalankan bisnisnya. Namun selain kita menyukai kita harus dapat menguasainya dan memanfaatkanya.
  3. Kenali kemampuan kita secara maksimal, dengan demikian kita akan menemukan bisnis apa yang cocuk unutk kita jalankan.
  4. Tuliskan beberapa kendala yang akan menghalangi jalanya roda bisnis kita kedepan, dengan kita menuliskan hambatan tersebut kita akan mengetahui strategi apa yang dapat kita jalankan untuk mengatasi hambatan tersebut.
  5. Tulislah gagasan bisnis yang jelas, dengan memiliki bsinis yang jelas maka kita akan mengetahui target yang jelas, akan memudahkan kita dalam menjalankan bisnis ini.
  6. Sebelum menjalankan bisnis kita tidak ada salahnya kita melakukan market survai kepada market/pasar agar kita dapat mengetahui keinginan/kemamuan di market terhadap bisnis kita.
  7. Mulailah dengan celah bisnis yang memiliki potensi yang dapat menguntungkan unutk bisnis kita, janganlah memulai bisnis yang menurut kita tidak menguntungkan.
  8. Kemaslah bisnis kita semenarik mungkin. Terkadang kita melihat bisnis lain lebih sukses dan kita cendrung akan ikut ikutan. Coba lah buat inovasi dalam bisnis, hal ini akan membuat bisnis kita berbeda dari kebiasaanya.
  9. Carilah beberapa mentor, mitra kerja dan komunitas yang dapat kita manfaatkan untuk menunjang bisnis yang kita jalankan. Dengan memiliki mentor kita akan mendapatkan saran, tips dan dapat mengembangkan celah bisnis kita kea rah yang lebih baik.
  10. Mulailah bisnis dengan skala yang kecil. Jangan terlalu gegabah dalam menentukan bisnis yang besar.
  11. Review lah bisnis kita secara rutin agar kita dapat menganalisa kemajuan bisnis kita secara berkala
  12. Evaluasi lah diri sendiri, cobalah bertanya pada diri sendiri apakah kita sudah maksimal dalam menjalankan bisnis ini secara maksimal? Apakah langkah langkah yang kita ambil sudah benar? Kita harus jujur dalam diri kita demi kelangsungan bisnis kita.
  13. Yakinkan diri kita bahwa kita akan sukses. Sukses dibangun setiap hari bukan datang dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *